Senin, 08 April 2013

Gerakan Yoga untuk Menurunkan Berat Badan





Berat badan berlebih yang kerap terjadi pada sebagian besar dari kaum wanita ataupun pria disebabkan oleh timbunan lemak pada tubuh yang secara tidak langsung akan meningkatkan volume dan berat tubuh secara keseluruhan. Banyak cara dapat dilakukan untuk mengurangi jumlah dan kadar timbunan lemak dalam tubuh ini, misalnya dengan melakukan diet seimbang, olahraga teratur hingga menggunakan sedot lemak.
Berbagai cara yang dilakukan di atas pada intinya berguna untuk membuang timbunan lemak pada jaringan tubuh, entah dengan aktifitas fisik hingga membuang dengan cara operasi. Sebenarnya masih ada cara yang lebih mudah tanpa perlu melakukan aktifitas berlebih dengan olahraga atau dengan cara menyiksa seperti melakukan diet ketat, yaitu dengan yoga. Apa saja keuntungan gerakan yoga untuk menurunkan berat badan?


Keuntungan gerakan yoga menurunkan berat badan


Berikut ini akan disampaikan beberapa keuntungan menggunakan gerakan yoga untuk menurunkan berat badan sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:
  • Praktis. Penurunan berat badan dengan yoga dirasakan lebih praktis karena bisa dilakukan di dalam rumah bahkan di dalam ruangan.
  • Minim cedera. Gerakan yoga yang lebih mengutamakan sistem pernapasan dibandingkan gerakan fisik akan meminimalkan resiko cedera otot yang mungkin terjadi ketika melakukan aktifitas fisik atau olahraga berlebih.
  • Segala umur. Gerakan yoga yang lembut dapat diterapkan untuk segala umur, bahkan para lansia masih dapat melakukannya karena tidak membutuhkan kekuatan fisik sebagai syarat utama.
  • Santai dan relaks. Gerakan yoga juga dapat dilakukan dengan santai dan relaks karena gerakan yoga yang lebih mengutamakan gerakan yang lambat dan lembut namun bertenaga.
  • Banyak pilihan. Terdapat banyak pilihan gerakan yoga yang disebut vinyasa atau yoga aliran yang dapat dipilih untuk menurunkan berat badan, misalnya ashtanga, power yoga ataupun hot yoga.
Demikianlah beberapa keuntungan menggunakan gerakan yoga untuk menurunkan berat badan. Akan lebih baik apabila yoga dikombinasikan dengan menjalankan pola hidup sehat seperti mengurangi konsumsi makanan dengan kadar gula dan lemak yang tinggi, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar